Sejak 2 minggu ini, hampir setiap hari ada pemadaman listrik. Menurut PLN, pemadaman adalah hal yang tak dapat dihindari sebagai langkah penghematan akibat menipisnya cadangan daya listrik di Indonesia.
Bagi konsumen listrik, langkah pemadaman listrik sangat merugikan karena sangat menghambat aktifitas. Produktifitas menjadi terganggu, apalagi pemadaman dilakukan pada saat jam-jam produktif. Seperti saat artikel ini ditulis, listrik di kawasan sekretariat GAPENSI sudah tidak menyala, dan biasanya pemadaman berlangsung sampai sore hari.
Entah sampai kapan pemadaman bergilir akan diberlakukan. Kalau terlalu lama, PLN sebagai BUMN harusnya bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami konsumen. Tetapi rasanya tidak selama PLN karena sebagai perusahaan negara masih diberi kekuasaan memonopoli perlistrikan. Dengan terabaikannya pelayananpun, konsumen tetap tergantung PLN bukan?

Maka, jika memang demi profesionalisme PLN termasuk pada pelayanan terhadap hak-hak konsumen yang lebih baik, maka penghapusan terhadap monopoli PLN sangat realistis untuk dicabut. Biarkan pada era globalisasi ini, hukum pasar yang menciptakan dan menyeleksi perusahaan, apakah bisa lebih besar atau malah mati.
Jika dengan privatisasi, BUMN akan tumbuh menjadi profesional, bukankah rakyat juga yang diuntungkan?

Ketika saya menulis artikel ini, waktu baru jam 12.43 WIB. Lantas, kami mau apa ketika komputer mati dan ruangan gelap gulita? Bagaimana PLN? Kenapa krisis energi tidak pernah teratasi dinegeri yang katanya konsumsi listrik jauh dibawah kota-kota di Amerika seperti Las Vegas?

Saya bukanlah pengamat ekonomi, jadi tak mampu berkomentar dengan tesis yang ilmiah.
Tetapi kadang memang benar, anak akan lebih rajin dan mandiri kalau sudah punya adik/saudara sebagai pesaing baru..

About Suhar

NAUFAL FIKRI, nama asli pemberian orang tuaku. Aku lahir di Kebumen, dari ibuku yang asli kampung Bojong Panjer Kebumen. Bapakku asli wong ndeso dari kampung Bulugantung, Peniron, Kebumen. Perpaduan asal Bapak Ibuku mudah-mudahan bisa membawa aku menjadi pribadi yang bisa memadukan nilai-nilai positif dari kota dan desa. Sederhana, jujur dan berwawasan.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s