Dalam rangka menyongsong MUKERCAB VI/2008, GAPENSI Kabupaten Kebumen mengadakan berbagai acara. Tahun ini, acara lebih difokuskan pada kegiatan bhakti masyarakat. Tujuannya adalah:

1. Sebagai wujud nyata kepedulian sosial GAPENSI
2. Sebagai upaya untuk lebih mengenalkan eksistensi GAPENSI pada masyarakat sebagaimana diamanatkan pada MUSCAB VI/2006
3. Sebagai upaya menjalin hubungan yang lebih baik dengan mitra-mitra kerja GAPENSI seperti Muspida, Dinas terkait maupun masyarakat umum
4. Sekaligus rangkaian peringatan HUT GAPENSI ke-49

Open Turnamen Volley Putra-Putri Se Jateng Dan DIY “GAPENSI CUP”

Kegiatan pembuka adalah open turnamen volley putra dan putri se Jateng dan DIY GAPENSI CUP yang diadakan di lapangan Polres Kebumen pada tanggal 3 Agustus 2008. Turnamen diikuti 14 klub putra dan putri dari Kebumen, Cilacap, Purwokerto dan Purworejo.
Semula, klub yang diundang juga meliputi klub-klub tangguh dari Solo, Yogya, Magelang dan Salatiga, tetapi klub dari kota-kota tersebut membatalkan partisipasinya karena berbarengan dengan turnamen lain yang mereka ikuti.

Tujuan penyelenggaraan turnamen disamping dalam rangka menyambut HUT dan MUKERCAB adalah sebagai wujud kepedulian GAPENSI terhadap olah raga khususnya volley. Disamping itu, penyelenggaraan bola volley yang melibatkan Polres Kebumen dalam kepanitiaan diharapkan sebagai bentuk kemitraan GAPENSI dengan Polres.
Harapan ke depan kegiatan seperti ini akan meluas pada cabang-cabang olah raga yang lain sehingga GAPENSI bisa memberi kontribusi peningkatan prestasi olah raga khususnya di Kabupaten Kebumen.

Pada bagian lain, Kapolres sekaligus ketua Pengcab PBVSI Kebumen dalam sambutannya juga mengharapkan hal yang sama. Bahkan beliau mengharapkan turnamen volley GAPENSI CUP dapat menjadi kalender rutin setiap tahun.

Dalam turnamen sehari penuh ini, tampil sebagai juara I Putra adalah GASS Prembun yang dibabak grand final mengalahkan UD Pasir Laut dengan skor 4-1. Sedangkan juara I dibagian putri adalah JATAYU Purwokerto yang mengalahkan klub SAWUNGGALIH dari Purworejo dengan skor 3-0.
Penyerahan hadiah dilakukan oleh Kabag Bina Mitra Polres Kebumen dan Ketua Panitia dari GAPENSI, Bapak Ashari Suparman.

Pengobatan Massal Gratis

Bersamaan dengan turnamen volley, diadakan juga pengobatan massal gratis. Kegiatan diadakan di desa Tegalsari kecamatan Adimulyo dan dibuka oleh Ir. Darwansyah HS selaku koordinator kegiatan pengobatan massal.

Di luar perkiraan, kegiatan ini ternyata mendapat sambutan yang luar biasa, baik oleh Pemerintah Desa Tegalsari dan masyarakatnya, maupun dari Dinas Kesehatan melalui Puskesmas. Bahkan apresiasi yang tak terduga datang dari Ikatan Dokter Indonesia cabang Kebumen yang secara khusus mengirimkan utusan dan dokter walaupun tidak mendapat undangan.
Bahkan, dari permintaan 2 dokter dan 4 tenaga paramedis, Puskesmas Adimulyo secara khusus mengirimkan 4 orang dokter dan 25 tenaga paramedisnya. Sebuah sambutan hangat yang mengharukan sekaligus membanggakan karena kegiatan ini dilaksanakan pada hari libur.

Pengobatan gratis yang ditutup pada pukul 13.00 ini mampu melayani peserta sebanyak 320 orang.

Sunatan Massal

Di saat bangsa Indonesia sedang sibuk dengan kegiatan HUT RI, GAPENSI Kab. Kebumen memperingati dengan caranya sendiri yaitu mengadakan bhakti sosial berupa sunatan massal.

Bertempat di sekretariat GAPENSI, hari itu GAPENSI punya hajat besar dengan melakukan sunatan terhadap 32 anak dari berbagai daerah di Kebumen. Dengan memasang tarub, tatanan kursi dan panggung untuk hiburan, sekretariat GAPENSI disulap persis seperti tempat hajatan. Di dalam, 2 bilik disiapkan untuk tenaga paramedis bekerja.

Walaupun berjalan dengan cukup sukses, tetapi ada hal yang patut disayangkan karena sempat terjadi kesalahan informasi. Pada rapat koordinasi hari Jum’at sore salah seorang rekanan menyatakan mendaftarkan peserta sebanyak 20 orang sehingga terpaksa menolak peserta baru karena target 50 peserta sudah terpenuhi. Tetapi pada pelaksanaan, 20 orang yang didaftarkan ternyata tidak hadir dan ternyata hanya pendaftaran fiktif.
Hal ini sangat disayangkan mengingat sebelumnya masih banyak masyarakat yang ingin mendaftar tetapi ditolak Panitia karena kuota yang terbatas.

Ucapan terima kasih:

Kegiatan-kegiatan di atas tak akan terselenggara tanpa dukungan pihak-pihak tertentu. Secara khusus Panitia mengucapkan terima kasih kepada:
– Segenap anggota atas dukungan pendanaan sehingga seluruh kegiatan murni didanai GAPENSI.
– KAPOLRES dan jajarannya serta Pengcab PBVSI Kab. Kebumen yang telah bersedia mendukung penuh kegiatan GAPENSI CUP.
– Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Puskesmas Adimulyo, IDI Kebumen, seluruh tenaga paramedis dan Pemdes Tegalsari yang sangat luar biasa mendukung pengobatan massal.
– Segenap Panitia yang telah bekerja keras mensukseskan kegiatan.

Semoga kerjasama ini selalu terjaga dan lebih meningkat dimasa yang akan datang. Amin..

About Suhar

NAUFAL FIKRI, nama asli pemberian orang tuaku. Aku lahir di Kebumen, dari ibuku yang asli kampung Bojong Panjer Kebumen. Bapakku asli wong ndeso dari kampung Bulugantung, Peniron, Kebumen. Perpaduan asal Bapak Ibuku mudah-mudahan bisa membawa aku menjadi pribadi yang bisa memadukan nilai-nilai positif dari kota dan desa. Sederhana, jujur dan berwawasan.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s