Sekilas mengenai E-Procurement sudah saya bahas pada tulisan terdahulu hampir setahun yang lalu. Sekarang, sistem ini sudah mulai diberlakukan. Sudah siapkah kita?

Setahun sebenarnya bukan waktu yang pendek, lebih dari cukup untuk membuat kita siap. Bahkan sebelum tulisan tentang e-proc dirilis pun, wacana mengenai e-procurement sudah sering diperbincangkan pelaku pelaksana jasa konstruksi. Artinya, jika sekarang kita belum siap, saya kira karena kita memang dengan sengaja tidak mempersiapkan diri.

Memasuki tahun 2009 penyedia jasa konstruksi Kabupaten Kebumen yang didalamnya sebagian besar adalah anggota Gapensi, persiapan menuju lelang sistem online tak bisa lagi ditawar. Hampir semua Panitia Lelang sektoral di bawah Departemen PU seperti Balai Besar SDA Serayu-Opak maupun Citanduy sudah mempersyaratkan penyedia jasa mendaftar E-proc di www.pu.go.id terlebih dahulu. Menurut informasi, Pemkab Kebumen bekerja sama dengan Pemkot Surabaya pun akan melakukan sosialisasi E-procurement dalam waktu dekat. Setelah itu, sistem pelelangan berbasis internet akan segera digunakan di Kabupaten Kebumen.

Petunjuk Registrasi/Pendaftaran Online Penyedia Jasa

Setelah komputer kita sudah terkoneksi dengan internet langkah untuk dapat mengikuti lelang E-Proc atau semi E-Proc adalah dengan mendaftarkan perusahaan Anda ke www.pu.go.id untuk mendapatkan User ID beserta Passwordnya. Gunakan browser seperti Mozila Firefox, Internet Explorer atau yang lain. (untuk membuka www.pu.go.id, disarankan menggunakan IE.

Sebelum melakukan registrasi, pastikan Anda sudah mempunyai email. Jika belum, buat akun email melalui www.yahoo.com, www.gmail.com, dan lainnya. Saran: ketika melakukan registrasi, sebaiknya gunakan gunakan nama perusahaan sehingga alamat email identik dengan nama perusahaan Anda. (contoh: triputerijati@yahoo.com, mitrakontraksi@yahoo.co.id, dll)

Petunjuk Registrasi Penyedia jasa dapat dilihat DI SINI

Jika Anda ingin langsung melakukan registrasi, silahkan klik DI SINI

Dengan mempunyai user ID beserta password PU-Net, maka perusahaan Anda sudah terdaftar dalam sistem PU-Net dan dapat menggunakan layanan online di situs milik PU seperti melihat pengumuman pelelangan dan utamanya dapat mengikuti sistem pelelangan berbasis internet alias e-procurement tersebut.

Selamat mencoba…

About Suhar

NAUFAL FIKRI, nama asli pemberian orang tuaku. Aku lahir di Kebumen, dari ibuku yang asli kampung Bojong Panjer Kebumen. Bapakku asli wong ndeso dari kampung Bulugantung, Peniron, Kebumen. Perpaduan asal Bapak Ibuku mudah-mudahan bisa membawa aku menjadi pribadi yang bisa memadukan nilai-nilai positif dari kota dan desa. Sederhana, jujur dan berwawasan.

6 responses »

  1. Ato mengatakan:

    maksudnya biaya administrasi apa ya mohon dijelaskan, biayanya berapa perpaket lelang, dan bagaimana cara pembayarannya

  2. adhy mengatakan:

    kalimasada uda register hari rabu dan uda muncul tulisan : “data telah tersimpan”, pasword nya knapa ga langsung dikirim lewat email pimpinan uda di cek sampai hari ini ndak ada. aku bingung – bingung apa registrasi gagal ?

  3. ayling mengatakan:

    bagaimana cara mendaftar di e proc untuk panitia nya ? tks

  4. BENNY FARIANTO mengatakan:

    saya adaregistrasi hari sabtu, 11 februari, dan udah muncul tilisan “data telah tersimpan”, passwordnya ga langsung muncul ya, atau diirim lewat e-mail, tapi di cek di e-mail belum ada konfirmasi mengenai password, saya bingung memang belum dikonfirmasi atau jangan-jangan registrasinya gagal

  5. ridwan suratinoyo mengatakan:

    cara bermohon kembali user ID & pasword yang sudah hilang

  6. romzi bisyir mengatakan:

    semoga adanya e-proc kejujuran dan transparan di no satukan!!!!

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s