SEMARANG-Perusahaan jasa konstruksi di Indonesia terancam oleh perusahaan asing. Kehadiran mereka dengan modal besar dan SDM mumpuni tidak dapat dielakkan.

”Namun, untuk membatasi pengusaha asing di bidang jasa konstruksi pemerintah menetapkan ketentuan mereka harus disertai tenaga ahli lokal yang sudah memiliki sertifikat keahlian tingkat ASEAN atau ACPE (Asean Chartered Profesional  Engineer-Red),” tutur Ketua Bidang I Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Daerah Jateng, Ir Wisnu Suharto Dipl HE IPM ACPE, kemarin.

Dia menambahkan ketentuan harus didampingi atau disertai tenaga ahli lokal tertuang dalam SK Menteri PU No 31/2006. Dalam SK itu juga dinyatakan sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan Profesional Regulatory Authority (PRA), yaitu lembaga yang mendapatkan otoritas untuk melakukan pengaturan praktik jasa konstruksi ke satu negara tujuan, harus bekerja sama dengan ACPE dari negara bersangkutan.
Sejak menjadi anggota World Trade Organization (WTO), lanjut dia, konsekuensinya lalu lintas perdagangan barang dan jasa kian terbuka. Termasuk usaha jasa konstruksi. Untuk menghadapi hal itu negara-negara ASEAN pada 2005 membuat kesepakatan bersama melaksanakan Mutual Recognition Classification (MRA) terbitan PBB. MRA menjadi standar baku kompetensi seseorang menjadi ACPE.

”Untuk melaksanakan MRA, di ASEAN dibentuk Coordinating Committee dan di setiap negara anggotanya dibentuk National Monitoring Committee,” jelasnya.(G2-27)

Dari : suara merdeka cybernews

About Suhar

NAUFAL FIKRI, nama asli pemberian orang tuaku. Aku lahir di Kebumen, dari ibuku yang asli kampung Bojong Panjer Kebumen. Bapakku asli wong ndeso dari kampung Bulugantung, Peniron, Kebumen. Perpaduan asal Bapak Ibuku mudah-mudahan bisa membawa aku menjadi pribadi yang bisa memadukan nilai-nilai positif dari kota dan desa. Sederhana, jujur dan berwawasan.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s